Assalamualaikum
Malam kali ini admin tertarik dengan pertanyaan pak ustd mostor di piss-ktb
Insa allah di ksmpatan hari ini admin mau mengulas dan menjawab pertnyaan dari
Mostor > Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB (PISS-KTB)
assalamualaikum
tadi aku jadi imam shalat magrib di mushalla...
setelah selesai berjamaah aku pun pulang ke rumah dan ternyata di atas bibirku ada sesuatu seperti lem yang menghalangi air sampai ke kulit. berarti shalatku tidak sah.
PERTANYAAN:
1. apakah aku mesti mengulangi mhi
Membasuh seluruh mukaku atau cukup hanya membasuh bagian yang tertutup sesuatu yang seperti lem tersebut?
2. apakah aku harus memberitahukan hal itu kepada para makmum agar mereka mengulangi shalat mereka masing masing atau tidak?
mohon sinar ilmu dari para yai semuanya..
makasih
Jawaban : Qie Bodro Nuyo
Kembalikan saja pada hadis . Ketika ditengah sholat Nabi teringat masih hadas. Beliau saja yg membatalkan sholat. HR ,Abi daud no. 233
Jawaban : waayin
No 1. Alangkah baiknya di bersihkan trlebih dahulu baru wudhlu ulang
Oleh syariat kta cma dtuntut untuk membasuh yg terkena lem dan anggota stelah muka kcuali tidak dketahui tempat yg tdk terkena air.......
Jika tdk dketahui mka dibasuh smua muka
ولو ترك موضعا من وجهه غسل ذلك الموضع واعاد مابعد الوجه فان لم يعرف موضعه استأنف الجميع
المجموع/ 1 / 448
Jawaban : al ustad M Salim Nur Ahmad
Imam Junub ﺃﻳﻤﺎ ﺇﻣﺎﻡ ﺳﻬﺎ ﻓﺼﻠﻰ ﺑﺎﻟﻘﻮﻡ ﻭﻫﻮ ﺟﻨﺐ ﻓﻘﺪ ﻣﻀﺖ ﺻﻼﺗﻬﻢ ﺛﻢ ﻟﻴﻐﺘﺴﻞ ﻫﻮ ﺛﻢ ﻟﻴﻌﺪ ﺻﻼﺗﻪ ﻭﺇﻥ ﺻﻠﻰ ﺑﻐﻴﺮ ﻭﺿﻮء ﻓﻤﺜﻞ ﺫﻟﻚ (Hadis) "Setiap imam yang lupa lalu shalat bersama kaum sementara ia junub, maka shalatnya makmum tetap sah. Hendaknya imam mandi lalu ia mengulang shalatnya. Jika imam lupa shalat tanpa berwudlu' maka hukumnya sama dengan junub" (ﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ ﻣﻌﺠﻢ ﺷﻴﻮﺧﻪ ﻭاﺑﻦ اﻟﻨﺠﺎﺭ) ﻓﻲ اﻟﺘﺎﺭﻳﺦ (ﻋﻦ اﻟﺒﺮاء) Hadis riwayat Abu Nuaim dalam Mu'jam Syuyukh dan Ibnu Najjar dari Barra' bin 'Azib ﻗﺎﻝ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ: ﺧﺮﺟﻪ اﻟﺪاﺭﻗﻄﻨﻲ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﻓﻴﻪ ﺿﻌﻒ ﻭاﻧﻘﻄﺎﻉ Ibnu Hajar berkata: "(juga) diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni sanadnya dlaif dan terputus" Khilafiyah Hukum Fikih Dari hadis diatas ulama berbeda pendapat; ﻓﺘﺼﺢ ﺻﻼﺓ اﻟﻤﻘﺘﺪﻳﻦ ﺑﻪ ﻭﻻ ﺗﺼﺢ ﺻﻼﺗﻪ ﻓﻴﻠﺰﻣﻪ اﻹﻋﺎﺩﺓ ﺇﻟﻰ ﻫﺬا ﺫﻫﺐ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ "Shalat para makmum kepada imam yang junub tetap sah, dan shalatnya imam tersebut tidak sah. Maka imam yang junub saja yang mengulang shalatnya. Ini adalah pendapat Syafi'i" ﻭﺫﻫﺐ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﺇﻟﻰ ﺑﻄﻼﻥ ﺻﻼﺓ اﻟﻤﻘﺘﺪﻱ ﺑﺒﻄﻼﻥ ﺻﻼﺓ ﺇﻣﺎﻣﻪ ﻣﻄﻠﻘﺎ "Abu Hanifah berpendapat bahwa shalatnya makmum menjadi batal sebab batalnya shalat imam" (Faidl Al-Qadir 3/136). ., ..
Dalam sebuat hadits riwayat imam Muslim disebutkan ;
عَنْ جَابِرٍ أَخْبَرَنِي عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ أَنَّ رَجُلًا تَوَضَّأَ فَتَرَكَ مَوْضِعَ ظُفُرٍ عَلَى قَدَمِهِ فَأَبْصَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ ارْجِعْ فَأَحْسِنْ وُضُوءَكَ فَرَجَعَ ثُمَّ صَلَّى
Diriwayatkan dari Jabir. 'Umar bin Khaththab mengabari saya bahwasanya seorang laki-laki berwudlu terus meninggalkan tempatnya kuku telapak kakinya. Kemudian Nabi saw melihatnya, lalu bersabda ; Kembalilah dan baguskanlah wudlumu. Kemudian laki-laki tersebut kembali lalu sholat.
Imam Nawawi dalam Syarah Muslimnya menyatakan bahwasanya seseorang yang dalam wudlunya meninggalkan sebagian anggota hingga tidak terkena air maka wuldunya tidak sah, meskipun berangkat dari ketidaktahuan.
المجموع الجزء 1 صحـ : 387 مكتبة المطبعة المنيرية
(السابعة)
إذا كان علي بعض أعضائه شمع أو عجين أو حناء واشتباه ذلك فمنع وصول الماء الى شئ من العضو لم تصح طهارته سواء كثر ذلك أم قل
أسنى المطالب - جــــ 3 صـــ
280
وتوضأ الإمام وأغفل لمعة من عقبه يشاهدها المأموم فهل يصح الاقتداء به لاحتمال أن يكون وضوءه عن تجديد أم يجب عليه البحث ولا تصح القدوة ؛ لأن الغالب أن الوضوء لا يكون إلا عن حدث المتجه الثاني
شرح النووي على مسلم – جــــ 1 صـــ
396حدثني سلمة بن شبيب حدثنا الحسن بن محمد بن أعين حدثنا معقل عن أبي الزبير عن جابر أخبرني عمر بن الخطابأن رجلا توضأ فترك موضع ظفر على قدمه فأبصره النبي صلى الله عليه وسلم فقال ارجع فأحسن وضوءك فرجع ثم صلى( أن رجلا توضأ فترك موضع ظفر على ظهر قدمه فأبصره النبي صلى الله عليه وسلم فقال : ارجع فأحسن وضوءك فرجع ثم صلى )في هذا الحديث : أن من ترك جزءا يسيرا مما يجب تطهيره لا تصح طهارته وهذا متفق عليه ، واختلفوا في المتيمم يترك بعض وجهه ، فمذهبنا ومذهب الجمهور أنه لا يصح كما لا يصح وضوءه ، وعن أبي حنيفة ثلاث روايات :
إحداها : إذا ترك أقل من النصف أجزأه ، والثانية : إذا ترك أقل من قدر الدرهم أجزأه ، والثالثة : إذا ترك الربع فما دونه أجزأه ، وللجمهور أن يحتجوا بالقياس . والله أعلم . وفي هذا الحديث دليل على أن من ترك شيئا من أعضاء طهارته جاهلا لم تصح طهارته ، وفيه تعليم الجاهل والرفق به .
وقد استدل به جماعة على أن الواجب في الرجلين الغسل دون المسح ، واستدل القاضي عياض - رحمه الله تعالى - وغيره بهذا الحديث على وجوب الموالاة في الوضوء لقوله صلى الله عليه وسلم : ( أحسن وضوءك ) ولم يقل اغسل الموضع الذي تركته ، وهذا الاستدلال ضعيف وباطل ؛ فإن قوله صلى الله عليه وسلم : ( أحسن وضوءك ) محتمل للتتميم والاستئناف ، وليس حمله على أحدهما أولى من الآخر . والله أعلم .
Selamat menjalankan aktifitas semoga manfa Jawaban : ustad
0 komentar:
Posting Komentar
Jika ingin berkomentar tidak menggunakan email
Plih name/url lalu isikan nama jika tidak mempunyai blog
Kosongkan saja lalu ketik publikasikan